Artikel Acak:
Home » » HOUSE OF SAMPOERNA, TAK HANYA SEKEDAR MUSEUM

HOUSE OF SAMPOERNA, TAK HANYA SEKEDAR MUSEUM

Kalau pergi ke Surabaya, jangan lupa mengunjungi museum House of Sampoerna (HoS). Museum ini terletak di Surabaya lama tepatnya di Jl. Taman Sampoerna 6, Surabaya. Cukup 5 menit dari Tugu Pahlawan atau 12 menit dari Tunjungan Plaza. Masuk di pintu gerbang museum, aroma cengkeh dan tembakau yang harum akan menyusup dalam hidung kita. Maklum tempat ini juga merupakan pabrik rokok.  Dan satpam yang berjaga di depan gerbang juga akan dengan sangat ramah menyambut kita dan mempersilahkan parkir tepat di depan rumah Liem  Liem Seeng Tee, pendiri HoS.


Di sebelah rumah Liem Seeng Tee, terdapat Gedung yang berdiri dengan gagah dan pongah, meski umurnya sudah dua abad lebih. Gedung yang dibangun pada tahun 1862 ini, awalnya digunakan sebagai panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Namun, pada tahun 1932 kompleks ini dibeli oleh Liem Seeng Tee. Dan saat ini HoS menjadi situs sejarah yang dilestarikan.

Arsitektur bangunan yang bergaya Art Deco khas Kolonial Belanda, tiang-tiang tinggi berbentuk bulat yang menopang teras depan berbalut warna putih dengan sabuk warna kuning yang menyerupai batang-batang rokok andalan Dji Sam Soe itu seperti gambaran watak pemiliknya. Tempat ini juga pernah dikunjungi oleh komedian legendaris dunia, Charlie Caplin, bahkan Bung Karno sering pidato di sini untuk mengobarkan semangat rakyat.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser