Artikel Acak:
Home » , , » AGNES MONICA; Diva Muda Indonesia yang Siap Mendunia

AGNES MONICA; Diva Muda Indonesia yang Siap Mendunia


Di ranah industri hiburan tanah air, nama dan popularitas Agnes Monica bisa dibilang tak pernah redup sejak dia menapakkan kakinya di dunia musik pada tahun 1992 sebagai penyanyi cilik. Sejak saat itu dia terus membangun karirnya dengan penuh perjuangan keras hingga menempati posisi yang layak seperti sekarang ini. Tak seperti penyanyi se-eranya yang namanya kian redup atau malah ada yang tenggelam, Agnes terus meroket, melaju dengan parameter karir yang selalu progres hingga saat ini.

Gadis penuh talenta dan cerdas ini terlahir dengan nama Agnes Monica Muljoto pada 1 Juli 1986 di Jakarta, putri bungsu pasangan Ricky Suprapto dan Jenny Siswono. Agnes memiliki seorang kakak laki-laki bernaa Steve Muljoto yang hingga kini menjadi manajernya. Agnes tak hanya berbakat di bidang seni tapi juga cerdas dalam ilmu akademik. Sewaktu di sekolah, dia tercatat sebagai siswa berprestasi dan sering mendapatkan beasiswa. Hal ini sangat mengagumkan, mengingat kegitannya diluar sekolah yang begitu padat seperti kursus piano, bahasa Inggris, seluncur es dan bulu tangkis. Khusus untuk olah vokal Agnes sudah mengasahnya dengan ikut kursus vokal sejak dini.

Di era 90-an nama Agnes Monica sebagai penyanyi cilik bisa dibilang yang paling menonjol pada saat itu. Tak pelak tiga album anak-anak dirilisnya, Si Meong (1992), Yess! (1995) dan Bala-Bala (1996). Selain menyanyi Agnes juga sempat menjadi presenter cilik dalam sejumlah acara seperti Video Anak Anteve, Tralala-Trilili dan Diva Romeo yang menghantarkannya meraih Panasonic Awards untuk kategori Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit selama dua tahun berturut turut, 1999-2000.

Saat remaja Agnes mulai merambah karirnya di dunia akting. Debut perannya yang pertama lewat sinetron Lupus Milenia dan Mr Hologram pada 1999. Namanya kian meroket sejak membintangi sinetron Pernikahan Dini pada 2001. Dan setelah itu sederet sinetron bertema remaja dibintanginya dengan sukses. Konon kabarnya, Agnes tercatat sebagai bintang sinetron remaja yang paling mahal saat itu. Lewat aktingnya Agnes juga meraih beragam penghargaan dari Panasonic Awards dan SCTV Awards tahun 2001 dan 2002. Tak hanya dalam negeri, Agnes juga sempat berakting serial drama Asia The Hospital di Taiwan bersama Jerry Yan F4, Romance in The White House dengan Peter Ho.

Lewat album And the Story Goes yang dirilis pada 2003 Agnes kembali menapakkan kakinya di industri musik sebagai penyanyi remaja. Sukses di album tersebut, Agnes kemudian merilis album berikutnya Whaddup A’..?! (2005), Sacredly Agnezious (2009) yang menghantarkannya meraih sejumlah penghargaan di bidang musik seperti Anugerah Musik Indonesia 2004, Anugerah Planet Muzik 2004 di Singapura dan Asia Song Festival di Seol Korea Selatan 2008 dan 2009.

Agnes berhasil meraih nominasi sebagai Worldwide Act Asia Pasific dalam ajang penghargaan MTV Europe Music Awards 2011. Ia juga menjadi nominator di American Nickleodeon Kids Choice Awards 2012 kategori Favorite Asian Act. Dengan sederet prestasi tersebut Agnes didampuk sebagai artis dengan jumlah penghargaan terbanyak di Indonesia. Puluhan trofi termasuk dari MTV Indonesian Awards. Agnes juga di daulat sebagai Duta Anti Narkoba Asia dan Duta MTV EXIT dalam perdagangan manusa. Agnes telah mendapat kepercayaan untuk menjadi bintangi iklan ataupun duta oleh berbagai merek produk.

Agnes adalah solois yang mengusung musik pop, R&B, dan hip-hop. Aretha Franklin, Jill Scott, Angie Stone, Madonna, Michael Jackson, Fantasia, dan Beyoncé adalah influence besarnya dalam bermusik. Agnes juga sering dibanding-bandingkan dengan Britney Spears dan Christina Aguilera. Meskipun demikian, cukup banyak pula penyanyi Indonesia yang terpengaruh Agnes dalam gaya bernyanyi dan penampilan.
Agnes memiliki jenis suara sopran dengan jangkauan yang cukup tinggi.

Untuk lagu-lagu bertempo cepat, Agnes memadukannya dengan koreografi yang energik di atas panggung. Selain sering berlatih vokal, Agnes juga rajin melatih gerakan tari dan stamina untuk menunjang penampilannya. Sampai saat ini, Agnes merupakan satu-satunya artis Indonesia yang memiliki grup tari pribadi yang bernama Nezindahood. Penari-penari dalam grup tersebut dipilihnya melalui audisi sejak penggarapan album pertamanya pada tahun 2003.

Agnes juga mengasah bakatnya dalam bermain piano dan menulis lagu. Bakat Agnes dalam mencipta lagu dimulai saat menggarap album Sacredly Agnezious, saat ia menciptakan tiga lagu termasuk singel "Godai Aku Lagi". Diatas panggung Agnes kerap berkolaborasi dengan penyanyi Internasional seperti : Keith Martin, Jerry Yan, Christian Chavez dan Michael Bolton. Dia juga didampuk sebagai artis pembuka sewaktu Boyz To Men manggung di Jakarta pada 2007.

Pada tanggal 23 Maret 2011, bertepatan dengan Perayaan Hari Musik Nasional, Agnes menerima penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) dari Menteri Kebudayaan dan Pariwisata dan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI) atas dedikasi dan sumbangsihnya, baik berupa pemikiran maupun perbuatan, bagi kemajuan dan perkembangan serta pelestarian musik Indonesia.

Agnes juga telah terlibat dalam sejumlah kegiatan sosial. Ia melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu para korban bencana, seperti di Sumatera Barat dan Situ Gintung. Agnes juga membantu menggalang dana senilai lebih dari Rp 400 juta untuk Persis, tim sepak bola Surakarta, melalui konser yang diadakan di Diamond Convention Center di Surakarta.

Sejak 2010 Agnes didaulat sebagai juri Indonesian Idol. Dia juga sempat tampil sebagai host di sesi karpet merah di American Music Awards 2010 di Los Ageles Amerika Serikat. Awal bulan Desember 2011, Agnes Monica mengadakan konser amal Save A Teen Charity Concert, konser yang diadakan untuk membantu remaja-remaja yang putus sekolah. Hasil tiket yang ludes terjual diserahkan ke Sampoerna Foundation sebagai pemrakarsa acara untuk disumbangkan pada remaja-remaja yang yang membutuhkan.

Menurut majalah Cosmopolitan pada tahun 2010, Agnes merupakan penyanyi wanita terseksi di Indonesia. Ia juga sempat meraih Kartini Award dari Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) dan World Health Organization (WHO). Agnes merupakan selebriti yang tertutup mengenai kehidupan pribadinya di media. Ia sering diterpa gosip menjalin hubungan khusus dengan sejumlah nama, namun tak satu pun yang ia konfirmasi.

Saat ini Agnes sedang sibuk merampungkan proyek album internasional perdananya di Los Angeles bersama beberapa musisi, termasuk di antaranya Justin Timberlake, Missy Elliot, Beyonce, Britney Spears dan produser / rapper Timbaland. Dalam album yang rencanannya akan diberi titel A.G.N.E.Z tersebut ada banyak penulis lagu dunia yang terlibat. Kabarnya lagi album itu akan dirilis 10 Oktober mendatang.

So, melihat apa yang telah diraihnya, rasanya nggak mustahil kalau suatu saat nama Agnes Monica bisa sejajar dengan penyanyi penyanyi bertaraf internasional. Karena dia telah punya kunci dan jalan untuk membuka dan membawanya melangkah jauh kesana. (LR/ dari berbagai sumber)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser