Artikel Acak:
Home » , » Profile Penulis : Nessa Kartika

Profile Penulis : Nessa Kartika


C-Magz kali ini menyajikan profil penulis wanita yang sangat memukau prestasinya, ialah Nessa Kartika. Penulis asal Wonosobo ini adalah seorang mantan BMI-Buruh Migran Indonesia yang pernah bekerja di Singapura dan Hong Kong. Ia terlahir dari seorang penulis juga bernama Maria Bo Niok dan Ayah yang jebolan UGM yang juga talented. Hobi menulisnya sudah terlihat sejak SD. Terbukti dengan seringnya ia mengirimkan karyanya dan dimuat di majalah anak-anak yang populer saat itu.
Dalam menuangkan karya-karyanya menjadi sebuah cerita yang menarik, ia kerap menjadikan pengalaman hidupnya untuk dijadikan cerpen. Prestasinya dalam bidang kepenulisan antara lain : Cerpenis Terbaik VOI RRI 2011 dan diundang untuk Upacara HUT RI ke 66 di Istana Negara bersama Presiden RI. Dinobatkan juga sebagai Pahlawan Devisa Penulis Cerpen BNP2PTKI, Penulis Favorit Group UNSA 2011.


Beberapa kumpulan cerpen pun telah ia terbitkan, seperti : Buku Kumcer Karenina : Singa Bauhinia, 30 Hari dalam Cinta-Nya, Ibu Adalah dan puluhan antologi. Karya dan profilnya pernah dimuat di beberapa media Indonesia, Singapura, Hong Kong dan Taiwan.

Baginya, menulis sangatlah menguntungkan karena ia mendapatkan pengalaman yang sangat menarik. Ia pun bercerita tentang pengalaman menarik selama menjadi penulis, yaitu saat menang lomba cerpen yang diadakan Bilik Sastra VOI RRI, ia meraih juara 2 dan diundang ke Istana Negara, merayakan 17 Agustus bersama Presiden. Itu salah satu hadiahnya. Lalu saat menjadi salah satu penulis undangan event UWRF bersama Andrea Hirata, A Fuadi, Donatus A. Nugroho dan penulis keren Indonesia dan dunia. Ia pun bertutur tentang dampak positif dari menulis adalah ia lebih sering jalan-jalan.

Prestasi yang ia raih saat ini tak terlepas dari kegagalan. Ia kerap sekali mengalami fase itu, tapi Nessa tidak gampang menyerah. Berawal dari kegagalanlah ia menjadi mengerti apa yang menjadi faktor kegagalan tersebut dan berusaha memperbaikki. Ia pernah gagal dalam kompetisi lomba Antologi Dua Sisi Susi yang diadakan oleh Universal Nikko. Tapi setelah kegagalan tersebut, ia membawa kembali Cerpen Kelereng Putih untuk Antologi Dua Sisi Susi dan merombaknya menjadi lebih baik sehingga ia menang dalam lomba cerpen yang diadakan VOI RRI 2011 dan meraih juara II. Ia berpesan kepada para penulis pemula agar menulis terus dan jangan menyerah. Keren bukan ...? Kita patut belajar dari sosok Nessa Kartika yang pernah gagal berkompetisi tapi tak pernah menyerah. (*NO)
Share this article :

2 komentar:

Tinggalkan jejak setelah berkunjung :)


Salam
C-Magz -Coloring Your Writing-

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser