Artikel Acak:
Home » , » Profile Artist : Whitney Houston

Profile Artist : Whitney Houston

Penyanyi yang satu ini begitu banyak menginspirasi para penyanyi penyanyi muda. Lewat suara dan lagu lagunya dia telah banyak meraih beragam penghargaan musik dan meratui chart di seluruh dunia. Tak mudah memang menjadi minoritas diantara mayoritas dalam dunia musik kala itu yang di dominasi sama band band rock dan penyanyi ras putih. Tapi dia mampu melewatinya bahkan sanggup melampaui para rivalnya.Whitney Houston. Dia memang telah tiada, tapi suaranya masih terus bergema hingga kini, seperti memberi sebuah pelajaran, betapa beratnya arti sebuah kompetisi. Tapi dia berhasil melewatinya, bahkan memegang puncak kompetisi itu sendiri.


Elizabeth Whitney Houston lahir di Newark, New Jersey, Amerika Serikat, pada 9 Agustus 1963,  ia adalah  seorang penyanyi pop dan R&B, artis, produser rekaman, penulis lagu dan mantan model Amerika Serikat.  Kesuksesannnya didunia  musik,  membuka pintu bagi para penyanyi Afro-Amerika  yang lain, khususnya dari kalangan wanita, untuk sukses di dunia musik.  Dia sering sekali dijuluki sebagai The Voice, dikenal sebagai salah seorang diva pop yang memiliki jangkauan suara 5 oktaf, dan juga dikenal karena kemampuan  suaranya  yang indah dan kuat.   Di tahun 1980-an, Houston adalah salah seorang penyanyi wanita Afro-Amerika pertama, yang  masuk ke dalam tangga lagu MTV, yang  pada  saat itu didominasi  oleh  para  penyanyi rock kulit putih. Album debutnya menjadi album debut dengan penjualan tertinggi sebagai  seorang penyanyi solo, yang menduduki peringkat #1 di tangga lagu Billboard 200. Ia juga memegang 7 buah single #1 di tangga Billboard Hot 100, yang  berhasil  mematahkan rekor 6 kali yang dipegang  oleh  The Beatles dan The Bee Gees


Whitney  Houston  sempat  meraih sukses  besar di  era 1990-an.  Kesuksesannya  di mulai  dengan soundtrack  dari  film box office  The bodyguard  yaitu  lagu  I Will Always  Love  You.  Soundtrack  film  itu  meraih  predikat  sebagai  best-selling soundtrack all of time, dan single  I Will Always Love You  berhak  menyandang   gelar  sebagai  the best-selling non-charity single of all time,  penjualan lagu  terbesar dalam sejarah musik oleh penyanyi  wanita perempuan, dan  tiga  lagu  lainnya  yang  masuk  sejarah  sebagai  best-selling song.  Dia  terus  meraih  sukses  di  dekade 90-an,  dengan  proyek-proyek  musik nya  yang  signifikan,  sebelum kembali ke studio di tahun 1998.  Whitney  Houston pernah  ditahbiskan  sebagai 8 artis yang  paling sukses di tahun 1990-an oleh majalah  Billboard. Dia berada  diurutan  keempat  terbaik, dalam  hal  penjualan album  untuk  kategori  artis  rekaman  wanita di Amerika Serikat, menurut RIAA, dan The Most Awarded Female Artist of All Time, versi Guinness Book of World Records.  


Setelah  Whitney Houston  menikah  dengan R & B singer Bobby Brown di puncak karirnya, rumors dan  gossip  dari penyalahgunaan narkoba mulai mempengaruhi popularitas-nya.  Hal ini lantas  yang  menyebabkan rusaknya  image Houston  di  mata  public, yang  berimbas  pada  penjualan  album-albumnya  yang  menurun selama  kurun  waktu  tahun 2000  sampai  2006, dengan cerita-cerita  miring  tentangnya   yang muncul secara teratur dalam  setiap  tabloid.  Setelah berhasil  menjalani  pengobatan  ke  panti rehabilitasi, Houston pun bercerai  dari  Brown dan mendapat hak  asuh  puteri  semata  wayang  mereka pada tahun 2006.  Dia  sekali lagi bekerjasama  dengan mentor-nya  yaitu produser  bertangan  dingin, Clive Davis, untuk pertama kalinya sejak tahun 1998.  Dan  duo handal  ini  bertujuan agar  Houston merilis  kembali  album baru-nya di  awal 2009.


Whitney Houston lahir di lingkungan para  buruh  kasar Newark, New Jersey pada  1963.  Dia adalah anak bungsu dari tiga bersaudara  pasangan  Yohanes dan penyanyi  gospel, Cissy Houston. Ibunya, bersama dengan sepupunya Dionne Warwick dan ibu baptisnya, Aretha Franklin, adalah tokoh-tokoh terkemuka dalam  musik  gospel, rhythm and blues, dan musik  soul.  Setelah terjadi  huru-hara pada  1967 di  Newark, keluarga  Houton  lantas  pindah ke kawasan  kelas menengah di East Orange, New Jersey ketika Whitney  berumur empat tahun. Pada usia sebelas, Houston mulai mengikuti jejak sang ibu dan mulai  beraksi  sebagai  soloist di  paduan suara  gospel  semasa  SMP di New Hope Baptist Church Newark, dimana ia juga belajar bermain piano  disana. Penampilan solo perdananya di gereja  ketika membawakan  sebuah  lagu  yang  berjudul,  Guide Me, O Thou Great Jehovah.  Ketika  usia  Houston beranjak remaja, orangtuanya bercerai dan dia memilih  tinggal bersama ibunya. Kemudian  ia masuk  ke  sekolah Roman Catholic single-sex high school, Mount Saint Dominic Academy, dimana dia bertemu dengan teman terbaiknya, Robyn Crawford, yang  sering  disebut  Whitney  sebagai  saudara  yang  tak  pernah  dimilikinya. Ketika  Houston masih bersekolah, ibunya terus mengajar dia bagaimana cara menyanyi  yang  baik  dan  benar.  Di samping  asupan  dari  musik  ibunya, Franklin, dan Warwick, Houston juga terinfluence  dari musiknya Chaka Khan, Gladys Knight, dan Roberta Flack, yang disebutnya  sebagai  penyanyi  yang  paling  memiliki dampak yang  besar  terhadap  dirinya  sebagai singer dan performer.


Whitney Houston meninggal dunia di usia 48 tahun pada Sabtu waktu setempat (Minggu WIB, 12 Februari 2012). Kabar kematian Whitney Houston membuat dunia hiburan tersentak. Sejumlah selebritas baik dari dunia musik hingga olah raga menyampaikan rasa duka yang mendalam atas kepergian salah satu diva papan atas dunia tersebut.Whitney Houston ditemukan dalam kondisi tidak sadar di sebuah hotel di Beverly Hills, California, Minggu (12/2) dini hari WIB. Pihak berwenang mengatakan, tim medis sempat memberikan bantuan pernafsan namun nyawa penyanyi 48 tahun itu tidak terselamatkan. Seorang sumber dari pihak medis mengatakan, Houston ditemukan di Hotel Beverly Hilton. Belum diketahui penyebab kematian penyanyi peraih enam Grammy Awards ini. (LR)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser