Artikel Acak:
Home » » Tips Asyik Buat Penulis Pemula

Tips Asyik Buat Penulis Pemula

Gambar diunggah dari google


Halooo Cendolers semua! emak, abah, kakek, nenek, abang, pokoknya temen-temen semua. Kali ini C-Magz punya tips dan trick menarik buat kalian yang “baru” berkecimpung di bidang tulis–menulis. Melihat banyaknya anggota baru Cendol yang sebagian besar adalah orang baru yang berkecimpung di alam gores-menggores ini, akan sangat berguna jika kalian membaca tips sederhana ini, begitu juga dengan yang sudah senior untuk sekedar me-refresh otak kalian yang mumet nulis .Okee, cekidot …
1.Yakinkan hati, bulatkan tekad dan jangan takut !
Penulis pemula biasanya sering memiliki masalah ini, tak jarang mereka tak yakin bisa melahirkan suatu tulisan , atau lebih parahnya mereka takut untuk memulai tulisan mereka karena takut hasilnya tidak memuaskan. Nah,oleh karena itu, sebagai penulis yang baik, hal yang paling pertama yang harus dilakukan adalah yakinkan hati kalian,  jika keinginan hati sudah bulat untuk memulai menulis otomatis inspirasi kalian akan lebih terarah dan konsentrasi, jangan pernah berfikir tulisan yang kalian buat akan salah dan tidak bagus karena dari sinilah kalian akan belajar bagaimana menulis yang lebih baik. Jika kalian takut, otomatis minat dan bakat menulis kalian yang terpendam akan mengkristal dan sulit untuk dikembangkan. Ingatlah “Semua orang bisa menulis” jika telah menjadi kebiasaan dan dikembangkan secara rutin.
2.Perbanyak membaca buku-buku referensi sesuai dengan bakat dan minat
Menulis tanpa membaca terlebih dahulu itu adalah sesuatu yang mustahil. Dengan membaca kita dapat memperluas wawasan dan memperkaya kosa kata bahasa yang tentunya akan sangat membantu kita dalam menuangkan inspirasi kita ke dalam tulisan yang tentunya akan menjadi tulisan yang sangat keren jika isinya menarik dan membuat pembaca ingin untuk membacanya.
3.Latihan menulis yang rutin
Yang ini adalah hal wajib yang harus dilaksanakan oleh penulis. Jika ingin meningkatkan kualitas menulis kita harus rajin untuk mempraktekannya, bisa dalam bentuk diary ,membuat blog , catatan kecil atau menyediakan waktu khusus dengan menargetkan hal yang bisa ditulis setiap hari, (con : Senin ,Pukul 16.00-18.00 luangkan waktu  menulis dengan target 2 lembar folio)
4.Konsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman
Nah, kalo ini gak wajib banget sih, kalo kenal sama yang udah berpengalaman sih gak apa-apa , tapi kalo belum kenal …. Ya kenalan dong ! Hehehe. Dengan seringnya berkonsultasi dengan orang yang lebih berpengalaman dalam hal tulis menulis kita jadi tahu apa yang mesti diperbaiki, ditambahkan dan dikembangkan dari tulisan kita . Kalo di Cendol kan berkeliaran tuh para ahli di segala bidang tulis menulis, nahh .. Tanya aja sama mereka. Gak gigit kok. *plakk
5.Ikuti kompetisi untuk mengetahui seberapa kemampuan kita
Yang ini juga penting. Rugi kan kalo kita nulis sekian banyak kalo gak pernah diadu di kompetisi-kompetisi kepenulisan.Banyak manfaat yang kita peroleh dalam kompetisi ini, diantaranya jadi tahu seberapa kemampuan kita, kalo menang hadiahnya lumayan, kalo dibukukan nama kita masuk di dalam sejarah (lho ?), kalo kalah ?  Nah, di sinilah diperlukan jiwa besar dan hati yang lapang.Sebagai penulis yang baik,alangkah damainya jika kita menulis dengan ikhlas, kalo menang ya syukur, kalo kalah banting piring ,eh yaampun .. sabar maksudnya.  Ada sebuah kalimat yang bisa menyetel mainset kalian jika sedang mengikuti lomba menulis, yakni “ Tahu infonya, kejar DLnya, kerjakan tugasnya, kirim, lalu lupakan.” Hehehe.
Cukup sekian tips dan tricks sederhana dalam C-Magz edisi kali ini , semoga bermanfaat untuk Cendolers semua.
Share this article :

2 komentar:

Tinggalkan jejak setelah berkunjung :)


Salam
C-Magz -Coloring Your Writing-

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser