Artikel Acak:
Home » » Profil Penulis : Donatus A Nugroho

Profil Penulis : Donatus A Nugroho

Donatus A Nugroho 
 
Bagi para pecinta fiksi di Indonesia mungkin sudah tak asing lagi dengan sosok penulis yang satu ini, yaitu Donatus A. Nugroho. Lahir di Blora, Jawa Tengah. Ia merupakan Sarjana Pendidikan IKIP Negeri Semarang dan juga sempat menekuni Pendidikan Seni Rupa dan Psikologi. Ia mulai menulis sejak tahun 1982. Hingga kini ia sudah menulis lebih dari seribu judul fiksi ( cerpen, novel dan novelet ) dan ratusan tulisan lainnya berupa artikel populer, psikologi dan pendidikan dan liputan.

Penulis yang berdomisili di Solo, Jawa Tengah ini tercatat sebagai Penulis yang Paling Produktif di era 90-an dan Penulis Favorit Pembaca Anita Cemerlang. Jadi tak heran ia di julukki RAJA CERPEN INDONESIA karena ia memang selalu mengeluarkan karya – karya yang luar biasa. seperti :
Mata Hati Mata Cinta (Novel- Gramedia, 1993)
Sketsa Bulan Trisna (Novelet Misteri- Aneka Yess, 2003)
My Lucky Day (Kumcer Remaja- Penerbit Cinta, 2005)
Vila Toedjoeh Tjemara ( Novel Misteri, Penerbit Cinta, 2005 )
Negeri Tanpa Cerpen ( Kumpulan Dongeng, Penerbit Hikmah, 2006 )
Full Moon ( Novel , 2007)
Dua Sisi Susi ( Antalogi Horor dan Misteri, Penerbit Universal Nikko, 2011)
Dendam Arwah Jumat Kliwon (Novel Horor, Penerbit Narasi, 2011)
Dan masih banyak lagi karya Donatus A. Nugroho lainnya.

Selama bergelut di bidang kepenulisan, penggemar berat tokoh super hero Batman ini telah banyak memenangkan beberapa penghargaan atas prestasinya yang luar biasa, seperti : Juara III dan Juara Harapan Lomba Mengarang Cerpen Aneka Yess tahun 1990, Juara II Sayembara Mengarang Cerpen Gadis tahun 1991, Juara I Lomba Cipta Cerpen Remaja Anita Cemerlang 1992. Bahkan ia pun juga ikut dalam kursus menulis Skenario yang diselenggarakan oleh PPFN dengan hasil terbaik pada tahun 1997.

DAN, begitulah ia dipanggil dalam keseharian. Minat menulis pun sudah ada sejak ia masih duduk di taman kanak- kanak. Pada umur 10 tahun ia sudah membuka sebuah taman bacaan yang menyewakan komik dan novel. Ia pun sangat senang mebagi ilmu menulis yang dia miliki, bahkan seorang DAN mengajar dengan sukarela secara online di grup keren Diskusi Fiksi. Menulis Fiksi. Membaca Fiksi ( Universal Nikko + MayokO aikO) atau istilah kerennya komunitas Cendol. Di luar kegiatan grup fiksinya ia juga aktif di sebuah komunitas KALA- KALA, yaitu komunitas kolektor musik lama terutama musik yang bergenre progressive rock. Tak hanya pintar menulis ia pun jago memasak. Ia kerap sekali menghabiskan waktu luang dengan memasak, karena baginya memasak punya banyak kemiripan dengan menulis fiksi.

Ketika ditanya tentang pesan apa yang akan disampaikan kepada generasi muda yang gemar menulis maka dia menjawab “ Menulislah dengan jujur, mengalir dan benar dan tak perlu terbebani harus bagus.”

Semoga apa yang telah dilakukan Donatus A. Nugroho dapat menginspirasi kita semua dan juga mampu membangkitkan semangat menulis kita.
Share this article :

1 komentar:

  1. Aduuhhh,,,,sy sngat suka dg karya2 novel karya bpk donatus,,tp yg sy paling kangenin skali yg brjudul sketsa bulantrisna,,sy mau bca lg,tp buku itu sprtix sdh susah di cari,,

    BalasHapus

Tinggalkan jejak setelah berkunjung :)


Salam
C-Magz -Coloring Your Writing-

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser