Artikel Acak:
Home » , » Hijau di Pesisir Jakarta

Hijau di Pesisir Jakarta







Kalau Cendolers ditanya ibu kota Indonesia? Jawabnya satu, Jakarta. Tapi, kalau ditanya Jakarta? Jawabnya bisa seribu satu macam. Diantaranya, Jakarta itu ... penuh sama gedung-gedung pencakar langit. Kendaraan yang lalu-lalang dan bikin polusi. Serta, serentetan jawaban akan keluar begitu saja. Tapi, mungkin hanya sedikit yang jawab Jakarta itu hijau. Jakarta juga punya tempat yang rimbun dengan pepohonan, bukan jajaran beton beraneka bentuk.






Seperti itulah gambaran yang diberikan Taman Wisata Alam Angke Kapuk atau biasa disebut juga Mangrove Resort Kapuk. Lokasinya dekat dengan perumahan Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Tempat wisata yang satu ini merupakan kawasan pelestarian alam. Seperti namanya, Mangrove Resort Kapuk ini di dominasi vegetasi pohon bakau. Sejauh mata memandang Cendolers akan disuguhi hijaunya pohon bakau.

Cendolers bisa menikmati tempat wisata ini dengan berjalan kaki menyusuri sepanjang pingiran sungai, hutan mangrove, hingga pinggir laut. Suasana rindang pepohonan bakau sungguh cocok untuk menyegarkan pikiran. Kicauan burung pantai akrab di telinga dan pemandangan biawak di pinggir sungai tentu sayang untuk dilewatkan.

Bersampan ria menyusuri hutan mangrove juga menarik. Didampingi petugas, kita bisa melihat aneka satwa yang jarang ditemui di luar kawasan hutan mangrove. Biasanya, kalau ada perahu lewat, ikan terbang akan bermunculan, bikin pemandangan air lebih menarik lagi.

Di taman wisata ini fasilitasnya sangat lengkap dan terawat. Tersedia restoran dan cafe, kawasan outbond, tempat perkemahan, serta lapangan olahraga. Untuk yang mau menginap, tersedia pilihan asyik. Ada camping ground untuk yang ingin lebih menyatu dengan alam, dan juga ada beberapa pilihan villa jika tidak berniat bermalam di camping ground. Toilet dan mushola tentu juga ada.

Untuk mencapai Taman Wisata Alam Angke Kapuk tidak sulit. Banyak kendaraan umum yang bisa mengantarkan kita ke sini. Biaya masuknya, per orang dikenakan 10.000 rupiah.

Kalau Cendolers ingin melihat satu-satunya hutan di Jakarta. Taman wisata inilah jawabannya. Selain berfungsi sebagai tempat wisata, Mangrove Resort Kapuk ini juga memiliki manfaat lain. Tempat yang merupakan kawasan hutan Mangrove ini bisa melindungi pantai dari abrasi dan gelombang laut. Sebagai habitat satwa , burung-burung, ikan, reptil dan biota perairan lainnya. Meningkatkan produktifitas sumber pangan perairan. Juga pendidikan dan laboratorium hidup penelitian.

Tempat wisata yang multi fungsi ya? Jadi tidak ada salahnya kalau sesekali Cendolers menyempatkan diri berkunjung ke tempat ini. Membandingkan apakah hutan yang ada di Jakarta sama dengan hutan yang ada di Aceh atau wilayah Indonesia lainnya. (*NS)


Share this article :

1 komentar:

  1. ini seperti di Bali juga ada.

    belum pernah malahan ke sini.^^

    BalasHapus

Tinggalkan jejak setelah berkunjung :)


Salam
C-Magz -Coloring Your Writing-

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser