Artikel Acak:
Home » , » Ragam Wisata Gratis Ultah BOGOR ke-530

Ragam Wisata Gratis Ultah BOGOR ke-530



Bagi cendolers yang berdomisi di Kota Bogor, atau yang sedang berkunjung di kota ini, bisa ikutan wisata gratis lho di sini. Dalam rangka ulang tahun Bogor yang ke-530, beberapa hiburan kembali digelar di beberapa titik wilayah kota Bogor. Event-event yang berhasil redaksi tangkap antara lain open house PUSTAKA, Festi...val Paledang 2012 dan yang terakhir open house Istana Bogor. Event-event ini dibuka untuk umum, dan pastinya tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis. Tak ayal selama acara-acara tersebut berlangsung, suasana jalanan di sekitar Jalan Juanda itu makin ramai dan pastinya seru. Banyak canda tawa terkoar, tak lupa seruan kekaguman para pengunjung menimbulkan rasa penasaran yang tiada habis-habisnya.

1. Open house PUSTAKA Bogor
PUSTAKA (Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian) yang merupakan salah satu perpustakaan khusus yang dimiliki Indonesia membuka kesempatan kepada warga Bogor dan sekitarnya untuk berwisata ilmiah di tempat ini. Open house diadakan dari tanggal 14 – 16 Mei 2012. Ragam wisata yang dapat dicicipi pengunjung antara lain publikasi ilmiah, publikasi teknis, buku elektronik, buku-buku tertua di dunia, koleksi audio visual, mocrifilm, perpustakaan digital, akses internet gratis, dan pembagian buku gratis.

Tepat di samping kanan gedung PUSTAKA, suguhan berbagai publikasi ilmiah beserta inovasi-inovasi terbaru yang ditemukan oleh Badan Riset Perkebunan Nusantara tengah tersaji dengan apik. Publikasi ilmiah yang pajang berupa penemuan-penemuan terbaik ahli-ahli pertanian untuk meningkatkan kualitas sumber daya pertanian yang akhir-akhir ini sering didominasi luar negri ketimbang negeri sendiri. Contohnya, penemuan BIO-DIESEL (inovasi varietas unggul untuk pembasmi hama tanaman), bibit unggul penghasil telur (ayam kampung KUB), varietas unggul ubi kayu, minyak goreng padat, buah kakao, dan banyak lainnya.

Ketika memasuki ruang dalam PUSTAKA, pengunjung bisa melihat-lihat buku-buku tua di dunia yang terbit jauh sebelum Indonesia merdeka. Terdapat juga jenis buku-buku pengetahuan tentang aneka flora dan fauna yang ada di Indonesia. Hampir semua buku tua tersebut ditulis dalam bahasa Belanda ataupun Latin (bukan bahasa Indonesia) dan disimpan rapih dalam lemari-lamari kaca ataupun garis pembatas. Pengunjung juga dilarang keras menyentuh halaman buku-buku tua tersebut, untuk menghindari kerusakan lembar demi lembar halamannya. Beberapa judul buku tua yang behasil kami rekam yaitu :

1. Flora the Filipinas (1837), penulis Mercado, Blonco P dan Lianos P. Buku ini ditulis dalam bahasa latin. Berisi gambar aneka spesies tumbuhan yang terdapat di Filipina.
2. Historia Generalis Plantarus (1587). Buku ini ditulis dalam bahasa latin dan terbit 8 tahun setelah kerajaan pajajaran runtuh (1579).
3. Indische groeten (Met Inbegrif Van Arrouructenen Kruiderijan). Terbit tahun 1931, penulis Ochse J.J. Teks dalam bahasa Belanda. Berisi tentang deskripsi tentang sayur-sayuran termasuk umbi-umbian, tanaman obat-obatan, tanaman untuk bumbu disertai keterangan ringkas tentang tanaman luar negeri yang digunakan sebagai sayur-sayuran. Buku ini dilengkapi dengan indeks nama tanaman dalam bahasa daerah dan latin.
4. Krakatau : album beuateinde 25 teekeningen in kleren vande verwoesten gedeelten van straat sunda (1833). Penulis Verbeek R.D.M. Memuat 25 buah gambar berwarna dari daerah yang paling rusak di selat sunda akibat ledakan gunung Krakatau. Gambar dibuat setelah gunung tersebut meletus.
5. Dan masih banyak koleksi buku-buku tua lainnya, yang pastinya memiliki judul yang aduhai panjangnya serta unik. -_-

Selain itu, di ruang dalam PUSTAKA tersaji akses internet gratis yang bisa dinikmati semua pendatang. Sebuah taman kecil yang sejuk menghiasi ruangan dalamnya, terdapat juga ruang penyimpanan produk-produk litbang pertanian yang belum dipasarkan ke masyarakat. Keramahan beberapa staf di sini membuat kami tak bosan-bosan bentandang ke tempat ini. Terus dan terus. Gimana cendolers asyik nggak tuh!

2. Festival Paledang 2012

Festival Paledang 2012 diadakan di Kantor Batu (samping gedung PUSTAKA) oleh Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kota Bogor dari tanggal 14 – 21 Mei 2012. Festival yang mengangkat tema ‘Gelar Seni Pekan Pesona Pariwisata’ ini menyuguhkan aneka bazar produk kerajinan dan kuliner khas makanan nusantara (dari mulai makanan daerah, jamu-jamu tradisional dan minuman khas daerah) serta pagelaran seni dari aneka wilayah di Indonesia. Beneran deh, ajib banget acaranya!

Pegelaran seni yang ditampilkan antara lain seperti tarian-tarian khas nusantara (tari Bali, tari Betawi, tari Jaipong, dan lain-lain), pencak silat dan atraksi unik lainnya seperti debus juga dipertontonkan secara meriah. Pengunjung yang datang ke sini berasal dari berbagai lapisan masyarakat dari mulai kalangan pejabat, kalangan menengah sampai kalangan rakyat kecil numplek plek di acara ini. Dipandu MC yang kocak dan fasih berbahasa Sunda membuat acara ini makin seru untuk saksikan.

3. Open house Istana Bogor

Nah, dari sekian acara yang sediakan, memang ‘open house Istana Bogor’ ini yang paling spesial diantara yang lainnya. Open House ini diadakan rutin selama setahun sekali oleh kepanitiaan Istana Bogor bekerjasama dengan DPRD kota Bogor. Acara ini digelar dari tanggal 14 Mei 2012 s/d 20 Mei 2012 dari pukul 08.30 sampai sekitar 14.30 setiap harinya. Jadi jika diantara kawan-kawan yang pengen menikmati wisata seni dan sejarah Istana Bogor masih ada waktu neh sampai akhir minggu ini. Sebelum memasuki Istana Bogor, pengunjung diperkenankan untuk daftar terlebih dahulu di gedung DPRD Bogor. Ada beberapa aturan standard yang diterapkan pihak Istana sebelum memasuki bagian dalamnya, seperti pengunjung tak diperkenankan membawa tas dan mendokumentasikan benda-benda yang ada di dalam Istana Bogor dalam bentuk foto ataupun video, selain itu pakaian yang dikenakan pengunjung juga harus rapih, dalam arti harus mengenakan kemeja (tidak baju kaos). Selama berputar-putar nanti, pengunjung juga akan ditemani seorang tour guide yang berpengalaman dan berwawasan tentang sejarah dan seluk-beluk benda-benda seni yang ada di situ.

Sejak hari pertama, paket wisata yang satu ini tak pernah sepi pengunjung. Semua kalangan antusias untuk ikut serta. Jarang-jarang soalnya Istana Bogor dibuka untuk umum lho. Hehe

Yups, itulah beberapa event yang sempat kami reportasekan kegiatannya. Sumpah! dijamin kalian nggak bakal rugi jika datang ke acara-acara tersebut. Selain free charge, semua event ini langka diadakan lho. So, buruan kalau mau datang yah.

Sekian reportase kami di edisi C-Magz kali ini. Semoga liputan ini bisa menjadi referensi kunjungan cendolers untuk berwisata gratis di kota Bogor ... (*WA/Eyra)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser