Artikel Acak:
Home » , » Bedah E-Book

Bedah E-Book


Gambar:  iamidzni.wordpress.com


Digitalisasi membuat orang-orang berpikir untuk mendiigitalkan segala hal. Termasuk buku. Buku yang terlalu tebal, berat dan menghabiskan banyak biaya untuk pencetakan bisa diefisienkan dengan adanya ebook bisa diminimalisasi.
Elektronic  book (E-Book), dibuat agar bisa dilihat dari pc, laptop, handphone ataupun ipad. Bentuk e-book biasanya dikemas dalam berbagai format seperti txt, rtf, pdf, html  dan lain-lain. Pada aplikasinya, format pdf lebih sering digunakan.

Biasakan diri dengan e-book
            Saat ini, smart phone, netbook dan tab berbaga merk telah berkembang luas.  Alat-alat tersebut  biasanya sudah mendukung aplikasi  ebook.  Kapan pun, dimana pun, Cendolers bisa membaca ebook tersebut.  Biaya download seringkali gratis.

            Kekuranganya tentu ada.
Mulai dari letihnya mata yang menatap layar elektronik secara terus menerus, ketergantungan pada baterai atau ketersediaan listrik. Tapi jangan khawatir, Cendolers bisa mengatur penerangan alat elektronik tersebut ke level yang sesuai dengan kenyaman serta melengkapi dengan layar dengan pelindung radiasi. Untuk keterbatasan batrai,  perangkat elektronik terbaru memberi kenyamanan berupa  kapasitas batrai yang sangat tahan lama. Bahkan hingga satu minggu.

Sisi Lain e-book
            E-book memungkinkan pembajakan terjadi lebih besar. Orang bisa saja melakukan scan pada suatu buku dan memformatnya dalam bentuk pdf atau lainnya tanpa lisensi resmi. Dengan format tertentu, proses copy paste akan lebih mudah dilakukan.

            Sampai sejauh ini,  yang bisa dilakukan adalah memproteksi e-book dengan link berbayar. Jadi, pembaca yang ingin mendownload file harus melakukan pembayaran online terlebih dahulu. Tapi tidak ada jaminan seseorang tidak menyebarkan file berbayar tersebut pada orang lain.

 Teknik watermarking dan proteksi VCD/DVD nampaknya kurang populer untuk e-book, meskipun teknologi proteksi ini sudah digunakan  untuk produksi lagu dan film. Karena ebook lebih sering digunakan untuk ‘komputer’ tanpa CD room

            Akan tetapi, penyebaran buku dan ilmu pengetahuan secara mudah, membuat masyarakat menjadi lebih cerdas secara murah. Apakah pembaca lebih nyaman dengan e-book yang murah meriah? Dan apakah para penulis rela dengan ebook yang bisa memajukan bangsa?  Tergantung Cendolers menyikapinya . [*HR, dari berbagai sumber]

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser