Artikel Acak:
Home » , » OPPIE ANDARESTA- Pejuang Hak-Hak Perempuan Melalui Lagu-Lagunya

OPPIE ANDARESTA- Pejuang Hak-Hak Perempuan Melalui Lagu-Lagunya


C-Magz Lovers! Musisi wanita yang satu ini memang beda. Begitu banyak musisi wanita yang mengepakkan sayapnya di ranah musik tanah air, tapi memang tak ada yang seperkasa dia. Solois ini tak hanya menyanyi tapi juga menciptakan lagu lagunya sendiri yang mayoritas bertema sosial dan mengedepankan suara kebebasan seorang perempuan. Lagu lagunya tak hanya enak didengar tapi juga penuh dengan lirik-lirik yang sarat makna.

Dengan karakternya yang unik, di paruh 90-an atau bahkan hingga kini, penyanyi ini sontak menjelma menjadi ikon untuk penyanyi cewek yang pengen bebas layaknya seorang laki-laki, tentunya dalam koridor yang positif. Kalau ada deretan perempuan yang mendapat gelar sebagai Kartini era kini, maka penyanyi yang satu ini bisa jadi menduduki line teratas untuk kategori musisi. Tak susah memang mengenalnya, karena dia dan karyanya memang selalu tampil beda. Yup, dialah Oppie Andaresta, musisi cewek Indonesia yang selalu memperjuangkan hak hak perempuan lewat lagu lagu larisnya.



Oppie Andaresta punya nama asli Ovie Ariesta. Solois cewek Indonesia berbakat ini lahir di Jakarta, pada 20 Januari 1973. Bisa dibilang Oppie meraih sukses besar dan lebih dikenal di ranah musik Indonesia lewat lagu uniknya, Cuma Khayalan. Musisi cewek yang punya darah Padang ini dikenal banyak membawakan lagu-lagu bernuansa kritik sosial. Sebelumnya dikenal sebagai Oppie Andaresta, dia pernah merilis single Satu Macam Saja pada tahun 1990 dengan nuansa pop-rock. Waktu itu dia memakai nama panggung sebagai Ovie. Cewek tomboy ini waktu itu juga sempat berkolaborasi dengan Mayangsari lalu membuat trio vokal dengan Mayangsari dan Lady Avisha membawakan lagu-lagu bernuansa slow rock. Oppie sempat juga membawakan lagu pop ciptaan Deddy Dhukun.

Namanya mulai melejit ketika merilis album pertamanya sebagai Oppie Andaresta yang bertajuk Albumnya Oppie pada tahun 1993. Selain diproduseri sendiri, lagu-lagunya juga ditulis Oppie sendiri. Warna musik yang diusung juga sangat berbeda dengan sebelumnya. Single andalannya Cuma Khayalan langsung menjadi hits kala itu. Tembang andalan lain dari album ini adalah Cuma Karena Aku Perempuan dan Pasir Putih. Dalam vid-klip Cuma Khayalan yang digarap sama klipper beken Rizal Mantovani, klip tersebut meraih penghargan sebagai Video Klip Terbaik 1995 di ajang bergengsi Video Musik Indonesia.

Setelah sukses dengan album debutnya, Oppie kemudian merilis album Bidadari Badung pada tahun 1995 dan Berubah pada tahun 1998.

Asal tahu saja, pada tahun 1996 Oppie pernah dinobatkan sebagai penyanyi cewek terlaris dan namanya layak disejajarkan dengan nama musisi papan atas lainnya yang notabene dari kubu pria, seperti Dewa19, Slank, GIGI, dan juga Kahitna. Karier cewek tomboy ini emang bak meteor kala melepas album Cuma Khayalan. Bisa dibilang pada tahun 1996 mencari penyanyi cewek terlaris emang nggak sesulit mencari penyanyi terlaris cowok. Pasalnya, selain Oppie siapa lagi penyanyi cewek yang paling berkibar namanya di tahun 1996 itu.

Namun di Album keempatnya yang bertajuk Hitam Ke Putih yang dirilis pada tahun 2001, musik dan lirik Oppie berubah menjadi lebih dewasa, walaupun tak lepas dari tema sosial yang telah menjadi ciri khasnya. Di dalam album tersebut, lagu-lagunya tak lagi sibuk berteriak-teriak tentang seorang cewek yang ingin bebas layaknya laki-laki, tapi Oppie juga mulai memberi warna lagu-lagunya dengan lirik cinta. Suatu hal yang jarang di temui di album-album terdahulunya. Sayangnya, album yang berisi 20 lagu dengan dua single andalan, Hanya Kau Yang Bisa dan Aku Pernah itu perilisannya sempat dicekal pihak Kejaksaan Negeri dengan alasan yang tidak pasti.

Tahun 2003 Oppie merilis album berikutnya yang bertajuk Lagu Bagusnya Oppie, kali ini di bawah naungan label Universal Music Indonesia. Album ini berisi dua lagu baru, Bintang Jatuh dan Asal Tau Sama Tau serta 10 lagu lama dengan aransemen baru, seperti : Cuma Khayalan, Na Na Na, Untung VS Buntung, Ingat-Ingat Pesan Mama, dan Cuma Karena Aku Perempuan. Walau album tersebut seperti kumpulan lagu lagu terbaiknya, namun tak satu pun lagu dari album keempatnya, Hitam ke Putih yang ditampilkan. Alasannya, lagu-lagu di album Hitam ke Putih yang beredar dua tahun sebelumnya masih fresh. Setelah lama vakum, pada awal 2009, Oppie kembali meluncurkan singel I Am Single, I Am Very Happy. Kali ini Oppie tidak merilis album, melainkan hanya singel. Alasannya, karena tak ingin lagu-lagunya dibajak.

Oppie menikah dengan Kurt Kaler, pria Amerika berdarah Jerman pada 23 September 2000 di Mesjid Pondok Indah, Jakarta Selatan. Mereka dikaruniai seorang putra yang diberi nama, Kai Matari Bejo Kaler yang lahir pada 20 Juli 2007.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser