Artikel Acak:
Home » » Workshop Sehari C-Jack

Workshop Sehari C-Jack

c-jack

Bertajuk “Menulis Kreatif, Menembus Media” kembali Cendolers Jakarta atau yang sering dikenal C-Jack, mengemas apik acara workshop sehari yang mendatangkan narasumber yang kompeten di bidang kepenulisan. Antara lain Nestor Rico Tambunan, Farick Ziat, Donatus A. Nugroho dan Putra Gara.

Acara yang diselenggarakan pada 18/02 di Taman Ismail Marzuki dari jam 10.00 s/d 16.00 tersebut, menurut Pak Kepsek Cendol, Mayoko Aiko tergolong rekor baru dalam penyelenggaraan workshop di Cendol. Pasalnya, panitia yang mentargetkan jumlah peserta hanya sekitar 50 peserta saja melonjak hingga 64 peserta. Workshop yang turut dihadiri dan dimeriahkan oleh Ceko Spy dan Cem Acem dari Banceuy, Yusi Irnanda dari Aceh, Pekik dari Ceban dan banyak dari KCB lainnya menjadikan workshop sehari C-Jack benar-benar bertabur ilmu dan eratnya rasa kekeluargaan.
“Nestor Rico Tambunan sebagai nara sumber memberikan Jurus Kreatif Menembus Media yaitu dengan memainkan ATM ( Amati, Teliti dan Modifikasi). Jadi intinya, kita harus bisa memahami karakteristik dari media yang akan kita kirim. Misalnya, jangan kirim cerpen dewasa ke majalah anak-anak. Sudah pasti akan langsung ditolak karena tidak sesuai dengan keingina redaksi. Selain itu, kita diwajibkan untuk rajin membaca karena dengan membaca, kita akan kaya wawasan dan ilmu pengetahuan. Dan satu hal lagi, hormati juga karya penulis lain. Dengan begitu, mereka pun akan menghormati karya tulis kita.” Tutur Ketua C-Jack, Lina Wijaya saat menjelaskan inti materi dari Opung Nestor Rico Tambunan.
Lain hal dengan Farick Ziat yang mengatakan bahwa komposisi seorang redaktur menilai sebuah karya layak atau tidaknya hanya terdiri dari tiga unsur, yaitu BAHASA, ALUR/PLOT, dan LOGIKA.

1. Bahasa akan menjadi daya tarik pertama dan utama dalam menyeleksi karya yang masuk.

2. Alur/ Plot akan diikuti ketika bahasa di paragraf pertama sangat mengesankan sehingga mau tidak mau redaktur secara tidak langsung akan tergelitik hatinya untuk membacanya hingga akhir. Untuk itu, perlu adanya penekan bahasa di kalimat pembuka sebuah karya.

3. Keselarasan logika adalah hal terpenting dari kedua kategori di atas. Sebuah karya akan gagal jika cacat dalam logika. Contohnya : seorang gadis cantik dengan mobil mewah jatuh cinta dengan pengamen jalanan. Tema bagus dan orang tua tida setuju menjadi konflik yang fantastic. Namun jika dikaitkan dengan logika, apa wajar? Apa mungkin? Penulis kadang lupa, demi membangun sebuah konflik yang memikat dan menegangkan, logika sering terabaikan.
Narasumber berikutnya adalah Donatus A. Nugroho (Raja Cerpen Remaja) dan Putra Gara (penulis novel bersejarah) yang memilih duet untuk menjelaskan materi kepada peserta workshop. Pada dasarnya, Donatus A. Nugroho dan Opa Putra Gara adalah orang yang tidak terlalu percaya dengan teori menulis. “ Kalau menulis ya nulis aja, masalah teori belakangan aja,” ungkap Lina Wijaya masih membahas bocoran trik-trik Menulis Kreatif, Menembus Media dari nara sumber.

Selain ajang untuk mendapat ilmu seputar dunia kepenulisan, acara workshop yang Yayasan Cendol adakan ini juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan dan mengakrabkan yang belum akrab. Maka, acara keren seperti ini harus diadakan secara berkesinambungan. “ Acara workshop keren kayak gini harus harus terus berlanjut dan kalau bisa dan boleh, pematerinya jangan itu-itu aja. Mungkin Pemateri tersebut bisa saja didatangkan dari luar Cendol. Akan tetapi, beliau adalah orang yang memang sudah mahir di bidang kepenulisan. Toh, banyak figur sukses dunia kepenulisan ini,” ujar Kak Oke Sudrajatt yang berhasil Team Reportase C-Magz jumpai di sela aktivitasnya. (Asmee/ Nay/ Dion)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser