Artikel Acak:
Home » , , » MODEM

MODEM

~Modulator Demodulator

Koneksi internet akhir-akhir ini begitu penting di dalam kehidupan. Tentu saja hal ini juga dialami para penulis dalam berkomunikasi melalui internet. Modem adalah salah satu alternatifnya. Yuk, sedikit lebih dekat dengan modem.
Tak banyak orang yang tahu bahwa modem merupakan gabungan dari kata modulator dan demodulator. Dimana, modulator dan demodulator adalah alat untuk memodulasi dan mendemodulasi. Apa itu modulasi dan demodulasi? Modulasi sendiri berarti proses penumpangan sinyal informasi yang akan kita kirim kedalam sinyal lain yang frekuensinya lebih tinggi agar sinyal informasi yang kita kirimkan bisa sampai pada tujuan. Sedangkan demodulasi, merupakan kebalikan dari modulasi.
Karena pada saat berkomunikasi ada yang mengirim dan menerima, maka modulator ada di bagian pengirim sedangkan demodulator ada di bagian penerima. Nah, karena kita ingin berkomunikasi dengan mengirim dan menerima informasi, maka modulator dan demodulator digabungkan menjadi satu, yang biasa kita sebut dengan modem.
Sebenarnya istilah modem, tidak hanya ada pada modem yang biasa kita gunakan untuk beselancar di dunia maya saja, tetapi juga pada sistem komunikasi lainnya seperti pada telepon, bts, perangkat listrik dan lain-lain.Tapi pada edisi kali ini, akan kita khususkan pada modem untuk berinternet ria.
Secara umum, modem yang ada dipasaran terbagi menjadi dua jenis, yaitu modem CDMA dan GSM. Dimana sebenarnya pada dua jenis modem ini akan terhubung dengan jaringan telepon rumah yang telah disediakan provider. Hanya saja, melalui beberapa proses tidak langsung melalui jaringan gsm dan cdma pada kartu yang kita gunakan. 

~ Spesifikasi Modem

1. System requirements: Menjelaskan CPU mana yang cocok dengan modem tersebut, OS yang digunakan seperti Vista, XP atau W7 untuk Windows 7, sebaiknya pilih yang cocok dengan laptop atau komputer yang kita miliki dan kemungkinan kecocokannya untuk OS yang lebih sering digunakan beberapa tahun mendatang. Karena, beberapa modem model lama biasanya tidak cocok dengan OS baru.

2. BAND: 850,900.1800.1900 MHz (GSM/ GPRS/EDGE) 2100 MHz (UMTS width HSDPA)

Band tersebut merupakan cakupan layanan yang bisa didapatkan oleh modem saat digunakan. Setiap jenis layanan memiliki kecepatan masing-masing. Urutan kecepatan dari yang paling jelek ke paling baik adalah sebagai berikut: GPRS/EDGE, UMTS dan HSDPA.

3. Connection: 1x USB 2.0 Port, 1x USIM/SIM Slot
Menunjukkan bagian dari modem yang bisa dihubungkan dengan perangkat lain. Pada contoh di atas, USB 2.0 Port menunjukkan bahwa modem tersebut memiliki port usb untuk dihubungkan dengan laptop. Pada kenyataannya ada modem yang memiliki 2 port usb. Ix USIM/SIM Slot berararti modem kita memiliki 1 slot untuk diisi satu kartu provider. 

4. Package Content: Modem & Manual book
Unit yang kita peroleh ketika membeli modem seperti modem itu sendiri dan manual book, beberapa modem biasanya menyediakan kabel port USB lainnya.

~Tips Membeli Modem

Bagi anda yang ingin membeli modem untuk koneksi internet, ada beberapa tips yang bisa jadi pertimbangan sebelum membeli.
1. Cari tahu dulu provider apa yang baik untuk daerah anda (baik cdma atau gsm)
2. Sesuaikan jenis modem dengan laptop dan OS anda
3. Lakukan searching di google terlebih dahulu mengenai harga dan kualitas modem. Biasanya harga di toko akan lebih murah dibanding data internet. Jangan langsung tertigiur dengan harga yang murah pastikan benar-benar speknya. 
4. Usahakan untuk mencoba modem di toko. Kalau bisa bawa netbook/laptop atau pastikan toko tersebut memberi garansi tukar baru jika terjadi hal yang tidak diinginkan (biasanya sekitar 1 minggu). Garansi toko ini, diluar garansi pabrik.
5. Ketika sampai di rumah, jangan tunda lagi. Segera coba modem tersebut dengan laptop anda. 
6. Jika ada masalah dengan modem yang kita beli, jangan ragu untuk melaporkan ke toko yang bersangkutan.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser