Artikel Acak:
Home » » Ajang Pencarian Bakat : Indonesian Idol | C-Magz #4

Ajang Pencarian Bakat : Indonesian Idol | C-Magz #4

idol 

Talk about dream, banyak orang yang punya mimpi menjadi orang terkenal. Tahun 2012 adalah tahunnya kamu buat nunjukin bakat terbaik kamu di bidang tarik suara.Yupz, Tahun ini acara pencarian bakat Indonesian Idol akan kembali digelar.Acara yang diadopsi dari Pop Idol (Inggris) dengan sponsor dari FremantleMedia akan di tayangkan di RCTI. Pencarian calon Idola dimulai dari Audisi. Audisi terbuka diselenggarakan di 4 kota, yaitu Padang, Palembang, Manado, dan Ambon. Sedangkan Big Audition diselenggarakan di 5 kota Besar di Indonesia, yaitu: Medan, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.Buat kamu yang ada di daerah, tenang aja tim Indonesian Idol juga mengadakan Special Hunt, Street Audition, Bus Audition, dan Scholl Audition.

Audisi mulai digelar pada oktober 2011-Januari 2012. Buat kamu yang gak bisa datang ke tempat audisi, kamu bisa upload video kamu dan bakal dipilih yang terbaik dan viewer terbanyak, buat ketemu juri indonesian idol.

apa saja yang harus dipersiapkan buat audisi?Kontestan yang akan diaudisi harus membawa tanda pengenal seperti KTP, Kartu Pelajar, Paspor, atau SIM. Serta membawa formulir yang telah diisi dari Situs Resmi Indonesian Idol, atau dari majalah dan koran.Jangan lupa juga bawa foto ukuran postcard terbaru. Kontestan tidak diperbolehkan audisi bila sedang terikat kontrak dengan perusahaan lain dan sedang mempunyai kontrak rekaman (diperbolehkan jika mempunyai kontrak rekaman di masa lampau).

Setiap tahun ribuan peserta mencoba melakukan usaha yang terbaik agar dapat lolos dari audisi tersebut, tetapi hanya sedikit yang “beruntung” bisa melaluinya. Setiap orang (peserta audisi) tentunya memiliki tingkat kemampuan vokal yang berbeda, disini akan berbagi TIPS bagaimana cara menghadapi audisi dengan sebaik-baiknya.Yupz walaupun audisi udah lewat, gak ada salahnya buat kamu perhatikan tips berikut ini:

Persiapan Bernyanyi
Hal yang pertama yang harus dipersiapkan adalah membentuk vokal kamu semaksimal mungkin. Caranya adalah dengan menggunakan beberapa Skala Nada tertentu yang dapat membangun dan mengembangkan jangkauan nada suara, mempertajam pitch serta menjaga kelenturan suara. Ada beberapa jenis skala nada yang dapat digunakan, maka pilihlah dengan skala mana yang paling efektif buat kamu. Bagi para penyanyi yang sudah terbiasa berlatih menggunakan skala nada berlatihlah terus secara rutin seperti sebelumnya, sedangkan bagi yang belum pernah melakukan cara latihan ini tentunya harus bekerja keras berlatih dengan skala nada paling tidak sejak 2 atau 3 bulan sebelum waktu audisi. Berlatih skala nada adalah melatih otot-otot alat-alat suara anda, agar suara menjadi kuat, bertenaga dan indah serta menambah jangkauan nada yang lebih lebar dari sebelumnya. Jadi jangan “alergi” berlatih dengan cara ini.

Hal kedua yang harus dipersiapkan adalah menentukan lagu apa yang akan kita nyanyikan ketika audisi. Pilihlah lagu yang kamu suka dan biasa di nyanyikan, sebaiknya siapkan 2 atau 3 lagu dengan irama atau genre yg berbeda sebagai cadangan nantinya jika diminta oleh juri. Cobalah nyanyikan lagi itu dengan cara kamu dan jangan coba2 mengambil resiko dengan menyanyikannya mirip seperti penyanyi aslinya, kamu pasti tidak akan berhasil dan kamu akan gagal dalam audisi tersebut. Bernyanyilah dengan suara dan gaya kamu bukan orang lain !!!! Sangat penting untuk menyanyikan setiap lagu pada area jangkauan suara kamu, sehingga kamu maupun juri merasa nyaman mendengarmu bernyanyi, So kamu wajib mengetahui nada dasar apa yang di gunakan dalam menyanyikan lagu2 tersebut. Jangan pernah bernyanyi dengan cara berteriak walaupun untuk sepenggal lirik dari lagu tersebut. Bernyanyi dengan power adalah satu hal yg berbeda dengan berteriak. Ketika berlatih bernyanyi, buatlah catatan pada lirik lagu dimana kamu akan mengambil nafas, dimana akan lirih, dimana akan kuat, dimana akan panjang serta menggunakan vibra dst. Rekamlah dan dengarkan berulang kali, buatlah koreksi dan rekam ulang, jika sudah puas perdengarkanlah kepada orang yang tepat untuk memberikan penilaian anda bernyanyi. Jangan cepat puas diri, berlatih, berlatih dan berlatih, kerja keras adalah kunci keberhasilan semua penyanyi sukses.

Hal ketiga, Tujuan kamu mengikuti audisi adalah bagaimana berhasil lolos dari audisi tersebut dan bukan untuk memenangkan kompetisi tersebut, jadi target dan fokus anda sebaiknya adalah selangkah demi selangkah. Pikirkan dan persiapkan hanya audisi, demikian seterusnya.
Jika kamu mampu untuk mampu untuk mengikuti kursus vokal sebaiknya ambilah, hal ini akan menjamin persiapan audisi anda lebih maksimal.
Saat Audisi Saat ini kamu berada di audisi dan siap untuk bernyanyi, tentunya akan merasa nervous. Inilah saatnya harus melakukan latihan pernapasan dan melakukan pemanasan. Lakukan beberapa latihan relaksasi, agar kamu merasa rileks, nyaman terutama alat vokal anda siap untuk bernyanyi tanpa ketegangan. Melakukan latihan pernapasan adalah dengan menggunakan pernapasan diafragma. Ambil napas perlahan dan dalam, tahan sejenak lalu lepaskan perlahan, lakukan kembali sambil memejamkan mata untuk bisa merasakan berpindahnya udara dari mulai masuk dan kembali dikeluarkan, lakukan berulang kali hingga kamu merasa rileks. Untuk pemanasan, gunakan skala nada yang sederhana dan mudah yang biasa anda gunakan dalam berlatih sehari-hari, lakukan latihan beberapa kali hingga alat2 suara kamu siap digunakan untuk bernyanyi. Mulailah mencoba lagu-lagu yang akan dibawakan sekali atau dua kali sebagai bagian dari pemanasan dan jangan malu untuk melakukannya didepan banyak peserta lainnya, karena kamulah yang akan menentukan nasibmu sendiri, bukan peserta lain.

Ingat kontes atau kompetisi ini adalah untuk mencari ” IDOL” dan bukan sekedar kompetisi bernyanyi, jadi penampilan juga sangat mempengaruhi penilaian diri secara keseluruhan. Jadi pada waktu menghadiri audisi pastikan penampilan cukup menarik, enak dilihat. Jangan menggunakan pakaian yg tidak matching, kotor, lusuh atau seadanya dan juga jangan berlebihan, seperti menggunakan kostum tokoh dalam filem seperti superman, drakula, dll.

Ingat kepribadian pun ikut menentukan penilaian juri, sehingga usahakan selalu rendah hati dan jangan sombong, sopan, juga usahakan selalu menjawab dengan kalimat2 yang positif jika menjawab pertanyaan yang diajukan oleh juri. Jika mempersiapkan diri dengan benar dan memperhatikan kesempurnaan penampilan saat audisi, berarti kamu sudah memastikan melakukan yang terbaik dalam mengikuti “IDOL” tersebut. Yang terakhir jangan lupa berdoa. So guys let’s make your dream come true. (RM)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Sponsor

Sponsor
 
Support : Johny Template | Mas Template
Powered by : Blogger
Copyright © 2012-2013 C-Magz - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Edited by Baser